Tags

, , , , , ,

Wah sudah tanggal 15, hayo sahabat tahu tidak ada apa di tanggal 15??πŸ˜•

Pada belum tahu yach, baiklah kalau begitu aku jelasin sahabat, sebelumnya aku pernah ceritakan sahabat kalau aku merupakan anggota dari komunitas Plat – M atau Nak Kanak Blogger Madura ditulisanku sebelumnya yang berjudul “Kopdar Dadakan Tadi Malam“.

Tulisanku kemarin memang tidak sepenuhnya membicarakan tentang niatan ku bergabung komunitas tersebut atau berbicara bagaimana aku bergabung dengan komunitas tersebut (lagi males tuch…… hahahaha….. :D) melainkan di tulisan ku itu aku membicarakan tentang kopdar atau biasa disebut ngompol bareng yang diadakan secara dadakan untuk membahas tentang keberangkatan kita Plat – M menuju acara Sharing Online Lan Offline kemarin. (Duh kalo diterusin bisa cerita lagi nich aku…… :mrgreen:) untuk lebih lengkapnya silahkan di baca saja tulisanku itu.πŸ™‚

Ah kali ini kita mengadakan kopdar lagi sahabat, (asik kopdaran lagi….. :D) sebenarnya pada tanggal 15 di bulan apapun dan di tahun apapun (seperti tahun monyet, tahun kuda, hehehehe….. :mrgreen:) komunitas Plat – M selalu mengadakan kopdar sahabat ini merupakan agenda bulanan dan tahunan komunitas Plat -m yang disetujui oleh seluruh anggota, (lah kalau hanya tanggal 15 mah tidak asik……) tenang sahabat, tidak menutup kemungkinan kita juga akan mengadakan kopdar di tanggal yang berbeda kok sepertihalnya kemarin waktu kita mengadakan kopdar dadakan. Selain itu kita komunitas Plat-M juga mengadakan gerakan “Selasah Ngangguy Batik” (apaan tuch artinya….. :-?) yang berarti “Selasa Memakai Batik” dimana kegiatan ini menyarankan kita untuk menggunakan baju batik pada hari selasa sahabat dan alhamdulillah gerakan “Selasah Ngangguy Batik” ini diminati oleh banyak mahasiswa bahkan kalangan dosen, rektor, dan para karyawannya juga. (Berhasil berhasil berhasil hore……. :mrgreen:)

Ok kembali lagi ke kopdar yang kita adakan tanggal 15 Juni 2010 ini sahabat. Disini kita sedikit merubah tempat kopdar dimana sebelum – sebelumnya kita selalu mengadakan kopdar di daerah Pelabuhan Timur Madura sambil melihat pemandangan indah Jembatan Suramadu dari kejauhan, (amat teramat sangat jauh malah….. :mrgreen:) sekarang kita merubah tempatnya di Laboratorium Softskill – Universitas Trunojoyo dan ditemani oleh Bapak Kyai Slamet selaku Kajur Agribisnis yang kebetulan beliau adalah seorang bloger juga sahabat.

Seperti biasanya kopdar di mulai pukul 19.00 WIB, agenda Kopdar kali ini adalah nobar dan sharing dengan Kyai Slamet sahabat. Hanya saja nobar kali ini bukan nobar Piala Dunia sahabat melainkan nobar sebuah Film Dokumenter atas kejadian yang terjadi beberapa tahun silam tepatnya tahun 1998 yang berjudul “Tragedi Jakarta 1998”.

Sahabat ingat tidak Tragedi Jakarta 1998??

Yup….. siapa yang tidak ingat akan kejadian itu. Aksi protes terbesar mahasiswa terhadap pemerintahan yang mungkin bisa dibilang tidak becus pada waktu itu. Dalam aksi tersebut mahasiswa menuntut agar bapak presiden kita pada saat itu diturunkan dari jabatannya. Disini terjadi dua buah Tragedi yang pertama Tragedi Trisakti dan yang kedua adalah Tragedi Jembatan Semanggi.

Demo terbesar ini berawal dari Tragedi Trisakti tanggal 12 Mei 1998 yang menewaskan empat mahasiswa Trisakti yang ditembak mati. Karena tragedi ini mahasiswa semakin banyak mahasiswa yang turun kejalan dan menuntut pemerintah untuk segera menurunkan jabatan Presiden kita pada saat itu.

Hingga akhirnya pada tanggal 18 Mei 1998 para mahasiswa behasil menduduki gedung DPR/MPR dan aksi itu beakhir ketika Bapak Presiden kita pada saat itu resmi memundurkan diri dari jabatannya dan mengangkat Wakilnya sebagai Presiden selanjutnya pada tanggal 21 Mei 1998. Namun dengan diangkatnya Wakil Presiden menjadi Presiden, mahasiswa tetap tidak mau menerima, mahasiswa menginginan pemilihan kembali Presiden dan Wakil Presiden yang baru dan pada akhirnya diadakan sidang MPR yang mana di tolak pula oleh seluruh mahasiswa pada tanggal 28 Oktober 1998.

Pada bulan November tepatnya tanggal 13 November 1998 Tragedi Jembatan Semanggi terjadi. Dari Film yang aku lihat tragedi ini terjadi pada malam hari, penembakan dilakukan oleh aparat yang pada saat itu dinamakan Panswakarsa para aparat ini berprofile sepertinya halnya warga sipil dan menggunkan ikat kepala berwarna hijau. Para aparat ini menembaki para mahasiswa tidak hanya dengan peluru karet melainkan juga dengan peluru tajam.

Dan lebih bodohnya lagi setelah mereka puas menembaki para mahasiswa / demonstran mereka melakukan perayaan dengan cara menari – nari dan menyanyikan Mars mereka sambil mengangkat – angkatkan senjata mereka. Disini aku sadar sahabat bahwasanya ketidak adilan memang terjadi. Jujur aku malu terhadap perlakuan para aparat itu, mereka sama sekali tidak tahu malu dan mungkin bisa dikatakan pengecut karena mereka bisanya hanya menyerang para demonstran yang tidak bersenjata sedangkan mereka besenjata lengkap. (it’s not fair i thinks)

Karena aksi ini pada tanggal 19, 24, 28 November 1998 seluruh mahasiswa bersatu dan akhirnya pada tanggal 17 Desember 1998 The Judgment Day Begin. Pada saat itu seluruh mahasiswa tidak gentar lagi dan memutuskan untuk melakukan serangan balik terhadap para aparat dan berhasil membuat mundur para aparat.

Hm….. Filmnya hanya berakhir sampai disitu saja sahabat, maaf yach apa bila aku hanya bisa bercerita sedikit dan tidak bisa maksimal beceritanya. (bukannya gak maksimal ceritanya tapi gak maksimal nontonnya waktu itu. :mrgreen:) Tapi dengan melihat Film tersebut kita memetik sebuah poin, yaitu perbedaan mahasiswa sekarang dengan mahasiswa pada masa itu. (kalau pada masa itu mahasiswanya kini sudah tua – tua kalau masa sekarang mahasiswanya masih muda – muda. :mrgreen:) Pada masa itu seluruh hati mahasiswa bersatu dan bertujuan satu dan mereka bergerak untuk rakyat dan demi rakyat berbeda dengan mahasiswa sekarang sahabat, kebanyakan mahasiswa sekarang lebih memilih bergerak untuk diri sendiri bukan untuk rakyat. Itulah poin yang bisa kami anggota Plat – M dapatkan.

Kemudian acara kita berlanjut sahabat, acara kedua ini hanya seputar pembicaraan masalah Komunitas Plat – M bagaimana nanti kedepannya. Disini kita membahas tentang kegiatan kita kedepan, acara – acara kita kedepan, sharing ilmu, dan yang pasti atas arahan dari Pak Kyai. Dan insyaAllah kedepan nanti kita akan mengadakan Workshop Penulisan sahabat. Ya di doakan saja semoga bisa terlaksana.πŸ™‚

Cukup sekian berita kopdar Plat – M yang diadakan kemarin malam tanggal 15 Juni 2010. Kurang lebihnya aku mohon maaf. Jangan lupa berkomentar yach sahabat.πŸ™‚

Oia nich photo – photo waktu kopdar kemarin.πŸ™‚

Suasana Nobar

Suasana Kopdar

Suasana Kopdar

Suasana Kopdar