Tags

, , , , , ,

Hoa sahabat…. Bagaimana kabar sahabat hari ini? Tentunya baik  – baik saja kan.🙂 Alhamdulillah….🙂

Em…. Setelah beberapa hari berpikir untuk mencari ide yang tak kunjung kutemukan karena aku dilanda penyakit dimana mbak dreesc menyebutnya penyakit malas dan boring. (penyakit yang menyusahkan….. :-?) Gara – gara penyakit ini aku jadi tidak bisa mencari ide untuk aku tulis di blog ku sahabat. Itu kenapa dua tulisan ku yang terakhir itu hanya tentang puisi, soalnya otak ku sudah buntu sahabat.

Itu pun aku dapat ide untuk menulis puisi selagi aku mencari ide yang lain secara tidak sengaja sahabat, kebetulan saja aku melihat sebuah buku lama milikku yang berisi kumpulan puisi teman dan kumpulan tulisan ku yang entah itu bisa dikatakan sebuah puisi atau tidak, jadi ya aku putuskan untuk menulis puisi itu selagi otak ku ini dalam masa error dan hang….. (seperti komputer aja error dan hang …. :mrgreen:) tapi aku ini bukan robot yach sahabat. Nanti gara – gara otak ku error dan hang aku jadi disangka robot…..:mrgreen:

Dan alhamdulillah sekarang otak ku sudah menemukan ide untuk aku tulis, idenya sich sederhana sahabat, ide ini muncul ketika aku sedang melihat icon facebook.  Ah secara spontan otak ku menangkap dan menimbulkan sebuah pertanyaan seperti ini sahabat “kenapa aku tidak menulis bagaimana cara membuat icon facebook dengan inkscape?”

Sebenarnya telah banyak diluar sana tutorial tentang bagaimana cara membuat icon facebook, namun aku yakin masih banyak orang yang tidak mengerti akan hal itu, terlebih lagi dengan menggunakan Inkscape terutama bagi yang pemula. Maka dari itu sahabat aku memutuskan untuk menulis tentang cara membuat icon facebook dengan judul “Inkscape pun bisa membuat icon facebook”. Pada penasran yach??? (harus penasaran yach…. awas kalo gak penasaran….. pemaksaan nich ceritanya.:mrgreen: :P)

Ok langsung saja.

Pembuatan icon facebook di inkscape bisa tergolong mudah sahabat, disini kita hanya menggunakan tool – tool dasar pada inkscape itu sendiri serta beberapa teknik bluring dan transparansi. (blurring ama transparanci itu apaan yach???? :-?)

Begini sahabat, blurring adalah suatu teknik pengkaburan yang berfungsi untuk mengkaburkan dan menghaluskan gambar. Sedangkan transparansi adalah suatu teknik untuk membuat suatu gambar menjadi transparansi dengan cara menurunkan harga opacity. Mungkin secara gamblangnya seperti itu sahabat. (maaf tidak bisa menjelaskan lebih…. :mrgreen:) Untuk lebih jelasnya silahkan googling saja sahabat.🙂

Ok kita mulai sahabat.🙂 (wah dari tadi ternyata belum mulai toh…. :-?) pertama – tama pastinya kita buka terlebih dahulu aplikasi inkscapenya sahabat.🙂 hm……….. lah ayo jangan diam saja, di klik dua kali donk aplikasi inkscapenya sahabat. (Ah…. gitu donk… :mrgreen:)

Eh…. ngomong – ngomong sahabat sudah pada tahu kan icon facebook itu seperti apa???🙂 (ya pastilah orang tiap internetan pasti yang dibuka itu facebook :mrgreen:). Bagi yang belum tahu ini aku kasih tau.

facebook icon

Kira – kira nanti kita akan membuat icon seperti itu sahabat.🙂 Ok lanjut…. Sudah di buka kan aplikasi inkscapenya?? (hayo siapa yang belum menjalankan aplikasi inkscapenya….. :mrgreen:) pertama kita buat bagian kotaknya dulu sahabat.🙂 caranya seperti ini :

Pada bagian Tool Box pilih tool yang bergambar kotak seperti ini sahabat :

tool kotak

Setelah itu kita sudutnya sahabat agar menjadi tumpul seperti gambar diatas dengan cara seperti ini sahabat, pada bagian Tool Control Bar disitu ada tulisan yang bertulisan Rx dan Ry kedua tool ini berfungsi untuk mengubah sudut lancip dari persegi menjadi sudut tumpul, kita bisa menggunakan salah satu dari tool tersebut sahabat, kita bisa menggunakan Rx atau pun Ry karena hasilnya sama saja. Disini aku mengset Rx nya menjadi 40 seperti gambar berikut :

Mengatur Sudut

Setelah kita atur sudutnya sekarang kita buat perseginya pada lembar kerja inkscape sehingga di dapat hasil seperti ini :

Persegi Dengan Sudut Tumpul

Kemudian kita beri warna sahabat dengan cara seperti ini :

Pada bagian Palette yang terletak di bagian bawah kita pilih warna biru (#0000D4).

Biru (#0000D4)

Kemudian kita set pula warna pinggirannya dengan cara klik kanan trus set stroke.

Set Stroke Biru

Maka akan didapat hasil seperti ini sahabat.🙂

Persegi Berwarna Biru

Kemudian kita set opacity dari kotak tersebut sahabat dengan cara tekan tombol CTRL+SHIFT+F sehingga akan tampil kotak Fill and Stroke seperti ini sahabat dibagian kanan.

Fill and Stroke

Pada bagian yang bertulisan opacity kita set opacitynya menjadi 88,9 % sahabat.

Opacity 88,9 %

Setelah itu kita buat bagian garis yang terletak di bagian dalamnya sahabat, dengan cara seperti ini :

Klik persegi yang ada kemudian kita duplikasi dengan menekan tombol CTRL+D, setelah itu kita set warnanya menjadi tidak berwarna dengan cara pada bagian Palette kita klik warna yang bertanda silang.

Tak Berwarna

Setelah itu kita set warna strokenya menjadi berwarna biru muda (#D7F4EE) dengan cara yang sama seperti sebelumnya yaitu klik kanan pada warna yang bersangkutan kemudian Set Stroke.

Set Stroke Biru (#D7F4EE)

Setelah kita set strokenya kemudian kita set ketebalan strokenya sahabat dengan cara pada kotak Fill and Stroke atau kita bisa membukanya dengan menekan tombol CTRL+D kemudian kita buka Tab Stroke Style dan kita set Width-nya menjadi 10 px.

Set Stroke Width

Berikut adalah hasilnya sahabat.

Hasil Pinggiran

Setelah itu kita perkecil kotaknya sabahat, dengan mengklik tombol CTRL kemudia kita tarik bagian ujung atas sebelah kanan.

Pengecilan Kotak

Lalu kita atur letaknya sahabat, usahakan tepat berada di posisi tengan kotak.🙂

Pas Tengah

Setelah itu kita opacitynya menjadi 59,3 % sahabat dengan cara yang sama seperti sebelumnya, yaitu kita set pada kotak Fill and Stroke pada tab Fill.

Opacity 59,3%

Setelah garis bagian dalam kita buat sekarang kita membuat huruf F nya sahabat, seperti ini caranya :🙂

Pada tool box kita pilih tool yang bergambar huruf A seperti ini sahabat :

Tool mambuat Huruf

Setelah itu kita set bentuk jenis hurufnya pada bagian Tool Control Box, disini aku menggunakan jenis huruf Calibri sahabat. Kemudian kita set Bold terhadap hurufnya. Berikut hasilnya sahabat :

Huruf F Awal

Lalu kita ubah warnanya menjadi berwarna putih sahabat, dengan cara yang sama yaitu pada bagian Palette kita klik bagian warna yang berwarna putih.

Putih

Kemudian kita perbesar dengan cara tekan tombol CTRL kemudian kita tarik bagian ujung kanan bawah sehingga menjadi seperti ini sahabat.

Huruf F Diperbesar

Setelah huruf terbentuk kemudian kita membuat bagian mengkilapnya sahabat. Berikut caranya :

Pertama kita akan membuat sebuah lingkaran oval sahabat, pada bagian Tool Box kita pilih Tool yang bergambar lingkaran.

Tool Lingkaran

Kemudian kita buat lingkarannya di bagian atas menutupi bagian atas huruf F seperti ini sahabat.

Lingkaran

Kemudian kita duplikat kotak awal yang berwarna biru sahabat.

Duplikat Bagian Kotak

Lalu kita blog kotak dan lingkaran yang telah kita buat sahabat, dengan cara pertama kita klik dulu kotakknya kemudian kita tekan tombol SHIFT lalu klik pula lingkarannya, hasilnya jadi seperti ini sahabat.

Kotak dan Lingkaran Terblok

Setelah terblok kedua bidang ini kemudian pada bagian Menu Bar kita klik Menu Path kemudian klik Division.

Path and Division

Sehingga hasilnya seperti ini sahabat.

Hasil Path and Division

Kemudian kita hapus bagian atasnya sehingga menjadi seperti ini.

Bagian Atas Terhapus

Nah sekarang kita set warna serta strokenya menjadi warna putih seperti ini.

Set Warna Putih

Kemudia kita tekan CTRL+SHIFT+F untuk menampilkan kotak Fill n Stroke pada tab Fill kita atur opacitynya sahabat disini opacitynya aku set sebesar 23%.

Set Opacity

Sehingga hasilnya seperti ini sahabat.

Setelah Penurunan Opacity

Untuk sentuhan terakhir kita duplikat bagian kotak yang berwarna biru sahabat kemudian kita set warnanya menjadi warna biru Aqua (#00FFFF)

Sentuhan Akhir 1

Lalu kita atur opacitynya sebesar 27,9% sehingga hasilnya sebagai berikut.

Sentuhan Akhir 2

Langkah terakhir kita klik bagian kotak yang berwarna Aqua tadi sahabat trus kita tekan tombol PageDown (PGDN) sebanyak 3 kali ini digunakan untuk menempatkan posisi kotak tersebut berada di bagian bawah dari Huruf F. Sehingga hasil akhirnya seperti ini sahabat… Taraaaaaa…….

Hasil Akhir

Yach seperti itulah cara pembuatannya sahabat. Bagaimana??? Mudah bukan.🙂 (iya donk…. pasti mudah. :)). Aku harap para sahabat bisa mengerti dan bisa mengikuti akan apa yang aku tulis ini. Mungkin Tutorial ini sederhana, tapi aku harap tutorial ini berguna bagi yang membutuhkan.🙂. huft….. capek juga rasanya…..

Sepertinya cukup sampai disini pertemuan kita kali ini sahabat, tapi tenang saja kita pasti akan bertemu lagi di tulasanku yang lainnya.🙂

Selamat malam sahabat.🙂