Tags

, , , , ,

Alhamdulillah, sebelumnya terima kasih sahabat aku ucapkan kepada para sahabat yang telah memberikan doanya dan syukur Alhamdulillah perjalan dan acara yang aku ikuti berjalan dengan lancar sehingga aku bisa kembali ke rumah tercintaku dengan selamat. (home sweet home…… :mrgreen:) Dikarenakan para sahabat telah berkenan memberikan doanya, jadi sudah seharusnya aku menceritakan tentang kegiatan acara kemarin kepada para sahabat.πŸ™‚

Begini sahabat, pada awal pemberangkatan menuju kesolo ternyata ada perubahan kereta yang akan kita naiki sahabat. Awalnya kita inging membeli tiket kereta yang berangkat pada pukul 11.00 WIB hanya saja pada pukul tersebut ada beberapa anggota dari Plat-M yang datang tidak tepat waktu (Maklumlah Indonesia, jam karet…… :mrgreen:), jadi terpaksa kita merubah rencana pemberangkatan dan tiket kereta yang berangkat pada pukul 14.00 WIB. (ada untungnya juga berangkat jam 14.00 WIB, soalnya aku bisa shalat Jum’at terlebih dahulu….. Alhamdulillah……. πŸ™‚ )

Keberangkatan

Kita menaiki KA Gayabaru kelas Ekonomi dari Stasiun Gubeng pada pukul 14.00 WIB dan turun di Stasiun Solojebres pada pukul 19.15, kemudian melanjutkan perjalanan ke Wisma Seni tempat dimana kita akan menginap selama 2 hari kedepan. Disana kita diantar ke kamar kita masing – masing dimana satu kamar terdapat 10 orang, dan kamar yang disediakan full AC. (Asik tuch full AC, gratis lagi….. :mrgreen: tapi sayangnya aku berada tepat dibawah AC jadi menggigil menggigil noch….. )

Stasiun SoloJebres

Wisma Seni

Lelah yang ku rasa dalam tubuh ini dan kebetulan aku juga baru pertama kali naik kereta sahabat (waduh cupu banget yach aku gak pernak naik kereta….. :mrgreen:) jadi rasa lelah itu semakin menjadi ditambah lagi rasa pusing karena baru pertama kali naik kereta:mrgreen: setelah shalat dan makan malam aku langsung munuju tempat tidurku dan melelapkan diri dalam rasa lelah yang menimpa seluruh tubuhku ini.

Hari Pertama 5 Juni 2010, setelah mandi dan shalat subuh tepat pada pukul 07.00 WIB kita semua menyantap sarapan kita. Masakan disediakan secara prasmanan dengan lauk pauk yang menggiurkan dan menggugah selera makan (Bicara soal makanan jadi laper, cari cemilan dulu ah….. :mrgreen:). Setelah sarapan, pada pukul 08.00 WIB kita semua berangkat ke gedung Grha Soloraya untuk mengikuti acara utama yaitu Sharing antar blogger dan para pekerja UKM.

Grha Soloraya

Acara dimulai setelah semua peserta melakukan absensi tepatnya pada pukul 08.00 – 09.00 WIB. Dalam acara ini terdapat kurang lebih 280 peserta dari para blogger maupun para pekerja UKM dan terdapat kurang lebih 21 komunitas blogger yang tercatat menghadiri acara ini. Kami komunitas Plat – M bisa dibilang adalah komunitas yang mendominasi karena dari 220 blogger yang terdaftar 40 peserta tercatat berasal dari komunitas Plat – M dan lebih menghebohkannya lagi Plat – M adalah peserta yang tidak pernah diam, peserta yang selalu bersemangat dan selalu aktif dalam hal bertanya maupun menyimak, dan juga merupakan peserta yang paling kompak. (Siapa dulu donk…… Plat – M :mrgreen:)

Seperti halnya acara – acara yang lain, acara pertama adalah pembukaan dan sambutan dari Ketua Pelaksana dan sambutan dari Walikota Surakarta yaitu Bpk. Ir. Joko Widodo namun pada saat itu Bpk Jokowi berhalangan hadir sehingga sambutan beliau diwakilkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) yaitu Ibu Dra. Eny Tiyasni Susana, MM, dalam sambutannya ini beliau lebih menceritakan tentang sejarah kota Solo itu sendiri.

Setelah acara pembukaan selesai dilajutkan dengan penampilan model – model batik yang akan di ikut sertakan dalam acara Solo Batik Carnival 3 yang akan diadakan pada tanggal 23 Juni 2010 mendatang, kurang lebih ada 9 model baju batik yang ditampilkan. Batik – batik yang ditampilkan memiliki keunikan tersendiri, batik – batik ini merupakan karya sendiri dari para peserta Solo Batik Carnival 3.

Kreasi Solo Batik Carnival

Lanjut ke acara inti, dalam acara inti ini dibagi menjadi 3 buah sesi dengan beberapa kali break dan isoma, semua sesi disini merupakan sesi sharing para pelaku online maupun offline. Sesi 1 adalah sharing para pelaku online dan para pekerja UKM, sesi ini dipimpin oleh Mas Gunawan sebagai moderator dan mas Amin sebagai notulen, dalam sesi terdapat 5 orang yang mau berbagi tentang pengalaman mereka 3 orang dari pelaku online (blogger) dan 2 orang dari pelaku offline dari jaringan perempuan usaha kecil (Jarpuk).

Pertama adalah Mas Bahtiar disni dia menceritakan bagaimana dia menggunakan blog sebagai sarana sosial contohnya dalam Program Kambingnya untuk Bangsari dan Program 1000 bukunya. Kedua adalah Mas Ben, dia menceritakan pengalamannya dalam menggunakan blog sebagai pengembangan bisnis dan kolaborasi. Ketiga ada Mas Aziz dari putra laweyan. Kemudian yang keempat adalah Mbak Jati sebagai salah satu anggota Jarpuk Surakarta. Dan yang terakhir adalah Ibu Surati sebagai anggota dari Jarpuk Sukoharjo.

Ir. Joko Widodo

Ketika sesi pertama ini akan berakhir Bpk Walikota Joko Widodo ditengah kesibukannya beliau masih menyempatkan diri untuk hadir serta memberikan sambutannya kepada para blogger dan para pekerja UKM, dalam sambutannya terlihat jelas bahwa Bpk Jokowi sangat menerima dengan hangat para blogger dan para pekerja UKM serta sangat mendukung akan adanya acara tersebut. Rasa salut aku berikan kepada Bpk Walikota karena beliau sangat mendukung dan sangat menerima kehadiran kami para blogger berbeda dengan Bupati di kotaku. Di kotaku para blogger sama sekali tidak dipandang dan mungkin bisa dibilang masih belum di akui keberadaannya. Setelah Bpk Jokowi memberikan sambutannya acara dilanjutkan ke sesi 2, namun sebelum sesi ke 2 dimulai diadakan break untuk beberapa saat.

Sesi selanjutnya adalah sesi pengenalan xl internet yang menurut aku lebih condong ke arah promosi akan produk dan fitur – fitur dari XL yang berjudul A – Z XL Internet. Sesi ke dua ini dibawakan oleh Bpk Tedy Bara Iskandar, disini beliau menjelaskan tentang sejarah XL, pekembangan XL Internet, kemudian beliau menjelaskan tentang perbedaan antara Digital Native dan Digital Imigran, serta menjelaskan fitur – fitur paket internet yang di sediakan oleh XL. Disini XL juga bagi – bagi hadiah bagi para peserta yang bertanya maupun yang menjawab pertanyaan dari XL seputar materi yang telah di berikan pada saat itu.

Suasana Saat Isoma

Lalu Isoma dan dilanjutkan ke sesi ke 3 yaitu sharing pengalaman dari Paman Tio, disini paman Tio menceritakan pengalamannya tentang blog, tentang bagaimana ia memulai blog, dan bagaimana iya menulis blog tersebut, dan lain – lain, dalu di sambung dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi ketiga ini bisa dikatakan sesi yang cukup singkat karena dibandingkan dengan sesi – sesi yang sebelumnya sesi ketiga ini memerlukan waktu yang lebih sedikit. Mungkin karena pada sesi ini hanya memaparkan pengalaman dari satu seorang blogger saja.

Berakhirlah acara pada sore hari itu dan kita diantar menuju ke penginapan kembali. Namun tak disangka ternya Bus yang akan mengantar kita kembali mengalami kerusakan yaitu Kopling Bus tersebut rusak yang menyebabkan Bus tersebut tidak bisa berjalan ditambah lagi dengan turunnya hujan yang cukup deras. Akhirnya kita mau tidak mau kita harus menunggu di Grha Soloraya lebih lama lagi sembari menunggu jemputan yang disediakan oleh panitia. Setelah lama menunggu akhirnya jemputan yang disediakan oleh panitia telah tiba tepatnya setelah selesai shalat maghrib. Disini aku salut terhadap panitia karena mereka memanggil taxi untuk menjemput kita dan mengantarkan kita menuju ke Wisma Seni. (enaknya naik taxi adem ayem dari pada naik Bus yang panas….. :mrgreen:)

Sesampainya di wisma kami langsung membersihkan diri dan kami pun juga disuguhi makanan yang menggugah selera, berhubung perut sudah tak kuat lagi jadi ya aku makan tuch makanan…. hehehehe…… (Maklum kelaparan…… :mrgreen:). Setelah makan malam acara dilanjutkan yaitu perkenalan antar komunitas blogger sembari mendengarkan lagu keroncongan. (Ternyata lagu keroncongan itu asik juga yach….. :mrgreen:) Setelah perkenalan ini selesai aku yang sudah tidak kuat menahan rasa ngantuk beranjak pergi ke kamar dan tidur……:mrgreen:

Kunjungan Batik Putra Laweyan

Hari Kedua 6 Juni 2010, hari kedua ini merupakan hari jalan – jalan sahabat. Di sini kita dibagi menjadi 4 kelompok dimana masing – masing kelompok akan menuju salah satu area wisata di Solo ini. Sesuai dengan banyaknya kelompok terdapat 4 tempat wisata yang ditawarkan yaitu jalan – jalan ke sungai bengawan solo, kunjungan batik, kunjungan ke kerajinan tembaga, dan kunjungan ke pembuatan keris, wayang, dan gamelan. Disini aku memilih untuk kunjungan batik sahabat. Wisata batik ini bertempat di laweyan sahabat, disana kita dijelaskan sejarah batik Lawean kita juga diajarkan bagaimana cara membuat batik sahabat dan kita pun di ijinkan untuk mencoba membuatnya gratis lagi. (kalo gratis aja mau…… :mrgreen:) Tapi jujur ya sahabat, aku lebih memilih ngelukis ditimbang membatik karena bagi aku membatik itu susah. (tapi sebenarnya aku juga ingin bisa membatik hehehehehe…….. :mrgreen:)

Balekambang

Setelah berkeliling – keliling daerah Laweyan, kita melanjutkan pergi ke Taman Balekambang sahabat untuk makan siang, melihat pertunjukan seni theater, dan mengikuti seminar masalah internet sehat. Setelah usai seminar kami pergi ke PGS untuk mencari dan membeli oleh – oleh untuk keluarga maupun untuk diri sendiri. Tapi sayangnya waktu yang diberikan kurang sahabat, karena pada saat kami tiba disana semua penjual banyak yang bersiap diri untuk menutup tokonya, jadi ya mau tidak mau kita harus bertindak cepat untuk membeli oleh – oleh.

Setelah selesai mencari oleh – oleh kami kembali ke penginapan sahabat untuk beres – beres, karena pada malam itu juga kita akan kembali ke Madura dengan naik Bus. Tepat pada pukul 23.00 WIB kita pulang ke madura dan sampai di Terminal Gubeng pukul 04.30 WIB dan melanjutkan perjalanan pulang kerumah masing – masing. Aku sampai dirumah tepatnya pukul 06.00 WIB sahabat dan tanpa pikir panjang aku lengsung merebahkan diri yang kemudian dalam hitungan detik terlelaplah sudah diriku ini.πŸ˜€

Untuk hari yang kedua tidak ada yang special sahabat, hari kedua ini hanya hari jalan – jalan.πŸ˜€ Wah….. tak menyangka ternya tulisanku sepanjang ini ini belum foto – fotonya. Aku harap para sahabat tidak bosan membaca tulisanku yang panjang ini.